Mengenal Jaringan 5G Dan Deretan Keunggulannya. 4G Minggir Dulu !

jaringan 5G

Jaringan 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya, yaitu 4G. Jaringan seluler terbaru ini menawarkan layanan internet cepat, hingga mencapai 20 gigabyte per second (Gbps). Aktivitas internet seperti  streaming video, unduh dan unggah serta bermain game online akan semakin didukung dengan kecepatan yang jauh di atas jaringan 4G. Jaringan ini juga menjadi terobosan terbaru dari teknologi dan telekomunikasi yang digadang-gadang memberikan perubahan signifikan terhadap dunia digital.

Pengertian Jaringan 5G

Teknologi 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data 10 sampai 20 kali lebih cepat dari kecepatan internet generasi sebelumnya. Munculnya teknologi 5G dimaksudkan guna memberikan kemudahan kepada pengguna dalam hal kecepatan data, lantency yang rendah, koneksi jaringan yang luas serat kapasitas jaringan yang lebih tinggi. Artinya dengan tekonologi 5G aktivitas yang membutuhkan internet akan 500 kali lebih cepat dibanding jaringan 4G LTE.

Kelebihan Layanan 5G

Jaringan 5G mempunyai kontribusi cukup besar terhadap kemajuan komunikasi manusia. Berkat 5G kegiatan sehari-hari manusia di bidang komunikasi dan pertukaran data menjadi lebih mudah dan cepat. Berikut ini adalah kelebihannya :

1. Koneksi Lebih Luas

Jaringan 4G dan 5G sama-sama mengusung OFDM namun teknologi 5G menawarkan kelebihan dibanding LTE yang hanya mempunyai subcarrier spacing mencapai 15 kHz. Sementara 5G bisa lebih dari itu. Dengan kapasitas hingga 100 kali lebih besar, teknologi 5G mampu beradaptasi dengan berbagai perangkat. Ini artinya, semakin banyak perangkat perangkat berbasis smart yang dapat terhubung dan beradaptasi dengan jaringan 5G.

2. Hampir Tidak Memiliki Delay

Jaringan 5G memiliki waktu delay sekitar 4 hingga 5 milidetik saja. Bahkan, bisa dikurangi sampai 1 milidetik. Waktu delay yang begitu singkat ini memungkinkan pengguna teknologi 5G bisa menonton video beresolusi tinggi tanpa buffering. Menonton video akan lebih nyaman tanpa loading atau buffering sekalipun.

3. Hemat Energi

Teknologi 5G hadir untuk mengurangi konsumsi energi. Kemampuannya untuk mengurangi konsumsi energi sebesar 10% ini dilakukan dengan cara mengurangi trafik data. Kecepatan transmisi data yang super cepat juga menyumbang kontribusi terbesar dalam menciptakan teknologi yang hemat energi.

4. Koneksi internet 10 kali lebih cepat

Memiliki kecepatan maksimum hingga 10 Gbps atau 10 kali lebih cepat dibanding jaringan 4G, layanan 5G memiliki kecepatan unduh hingga 20 Gbps atau 20 kali lipat lebih cepat daripada 4G yang mentok hanya 1 Gbps. Kecepatan yang demikian membuat penggunanya tidak perlu khawatir akan tampilan video menjadi buram saat sedang menonton film dengan kualitas gambar 4K atau 8K.

5. Lebih banyak kapasitas

Dalam satu kondisi kita pernah sulit untuk mendapatkan sinyal yang kuat, hal ini disebabkan karena semua orang dalam satu lokasi mengakses internet secara bersamaan sehingga terjadi kemacetan di satu menara. Bukan melulu kecepatan, jaringan 5G juga menawarkan kapasitas dan ruang yang lebih besar dibandingkan jaringan 4G. Kualitas jaringan 4G akan menurun saat banyak perangkat yang terhubung. Berbeda dengan 5G yang memungkinkan lebih banyak perangkat terhubung sekaligus. Meski banyak perangkat terhubung pun, tak akan menurunkan kualitas dan kecepatan jaringan.

6. Harga Paket Data yang lebih murah

Sesuai dengan hukum ekonomi, semakin canggih sebuah teknologi, maka semakin murah juga biaya produksi yang dikeluarkan sehingga semakin murah pula harga yang bisa dipatok oleh para penyedia layanan. Keunggulan lain dari jaringan 5G adalah semakin murahnya harga paket data internet yang dijual oleh para penyedia layanan internet di berbagai lokasi di Indonesia. Semakin murahnya harga paket data di sini adalah harga yang dihitung per GigaByte.

Oleh karena itu, walaupun kita tetap akan mengeluarkan biaya yang kurang lebih sama dengan biaya yang kita keluarkan untuk membeli paket data internet saat ini, namun kita akan mendapatkan paket data yang lebih besar. Sederhananya, dengan harga layanan internet yang sama, kita akan mendapatkan paket data yang jauh lebih besar.

Provider Penyedia Layanan 5G

Di Indonesia ada tiga operator seluler yang sudah menghadirkan 5G, yaitu Telkomsel, XL Axiata dan Indosat. Telkomsel pertama kali menggelar layanan 5G pada Mei 2021 lalu. Kemudian disusul oleh Indosat pada Juni 2021. Telkomsel, menjadi operator pertama yang menyediakan layanan jaringan 5G di Indonesia, setelah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Telkomsel sendiri mengklaim layanan 5G jauh lebih mumpuni dibanding 4G. Dari segi kecepatan, misalnya, kecepatan unduh (download) 5G bisa mencapai 20 Gbps, atau 20 kali lipat lebih cepat dibanding 4G yang mentok di 1 Gbps.

 

Itulah pengertian dan keunggulan layanan 5G yang semakin mendukung aktivitas berselancar di internet. Jika kamu ingin mengubah jaringan 4G mu ke 5G, pastikan gadgetmu mendukung layanan tersebut. Misalnya seperti iPhone 12, menjadi iPhone pertama yang mendukung jaringan 5G, serta sejumlah ponsel Android. Untuk simcard sendiri, saat peluncuran 5G, pihak Telkomsel sebagai salah satu provider layanan 5G mengatakan pelanggan 4G tidak perlu mengganti sim cardnya. Ini berbeda dengan peralihan 3G ke 4G yang membutuhkan penggantian kartu. Jadi apabila tertarik, silahkan kamu ganti layanan 4G mu ke layanan 5G yang lebih cepat dan hemat waktu.