Hobby Bermain Game? Inilah 5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2022

laptop gaming

Untuk bermain game lebih baik, laptop gaming selalu melakukan pengembangan dan pembaruan. Entah dalam segi teknologi ataupun penyematan jeroan tercanggih yang lebih mutakhir. Selain itu, pengembangan juga terjadi pada bagian eksterior laptop yang setiap tahun semakin terlihat modern. Laptop gaming biasa dikenal dengan desain yang ‘ramai’ seperti lampu kibor RGB, desain rangka yang tegas, bodi yang penuh aksen, dan sebagainya. Namun para produsen kini ingin produknya tak hanya bisa dipakai untuk bermain game namun juga nyaman untuk keperluan sehari-hari.

Tips Memilih Laptop Untuk Bermain Game

Sebelum membeli, ada beberapa komponen dan spesifikasi yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan performa yang sesuai dengan harapan. Berikut tips memilih laptop gaming sesuai dengan kebutuhanmu.

·       Prosesor

Intel dan AMD, adalah dua nama produsen prosesor yang menguasai pasar PC saat ini. Tiap-tiap merek ini memiliki seri prosesor yang mampu memberikan performa gaming yang optimal. Jika kamu ingin menggunakan laptop gaming dengan Intel, pastikan prosesor tersebut berlabel MQ, HQ, atau K. Jika kamu yang memiliki budget terbatas, pilihlah laptop dengan prosesor minimal Intel Core i5. Namun, kalau kamu ingin performa lebih kencang dan daya tahan lebih lama, pilihlah laptop dengan prosesor Intel Core i7 dan i9.

·       VGA

Komponen ini mempengaruhi kualitas grafis yang dapat ditampilkan oleh perangkat, baik dari segi tampilan karakter dan lingkungannya maupun pergerakan animasinya. Maka dari itu VGA atau kartu grafis merupakan bagian penting. Untuk kualitas grafis maksimal, belilah laptop gaming dengan GTX 1070 atau GTX 1080. Namun, tampilan grafis yang realistis, kamu harus mulai mempertimbangkan laptop dengan RTX 2070 dan RTX 2080. Mendukung teknologi ray tracing, kartu grafis tersebut mampu menghasilkan pencahayaan dalam game yang memimik pencahayaan di dunia nyata.

·       Memori

Spesifikasi ini pun sangat penting karena gaming memakan banyak ruang pada memori random access atau RAM. Saat ini, kebanyakan game dapat berjalan dengan optimal di laptop dengan kapasitas RAM minimum 8 GB. RAM sebesar itu saat ini sudah ada pada laptop gaming entry-level yang dilengkapi Intel Core i5 dan VGA GTX 1050. Laptop yang memiliki RAM lebih tinggi, misalnya 16 GB atau 32 GB, dapat memberikan performa yang lebih cepat. Namun kamu bisa menambah kapasitas RAM sendiri di kemudian hari.

·       Baterai

Kebanyakan baterai pada laptop ini hanya mampu bertahan selama dua jam saat digunakan untuk bermain. Inilah salah satu kelemahan laptop gaming. Dengan kinerja berat, baik dari segi prosesor maupun grafis, daya baterai pada laptop akan terkuras dengan cepat. Pada kenyataannya, performa laptop gaming akan lebih optimal jika dicolokkan ke charger selama sesi bermain.

·       Layar

Resolusi layar yang optimal untuk bermain adalah Full HD (1920 x 1080 piksel). Sejatinya kamu tidak perlu layar dengan resolusi 4K untuk mendapatkan pengalaman bermain yang optimal. Resolusi tersebut lebih cocok digunakan oleh mereka yang menggeluti bidang grafis, seperti desainer, fotografi, dan videografer.

·       Port

Memiliki desain bodi tebal, laptop gaming umumnya tidak pelit port seperti ultrabook. Pastikan jumlah port yang tersedia sudah sesuai dengan keperluanmu, misalnya USB 3.0 untuk periferal tambahan dan mini port atau HDMI untuk disambungkan ke monitor. Jika kamu berencana untuk meningkatkan kemampuan grafis kamu dengan eGPU, pastikan juga laptop gaming-mu memiliki port yang sesuai, misalnya USB Type-C Thunderbolt.

Deretan Laptop Gaming Terbaik

1. ASUS ROG Zephyrus G15

ASUS masih menjadi penantang serius bagi para produsen laptop gaming terutama melalui produk terbaru mereka ROG Zephyrus G15. Ini merupakan salah satu laptop 15 inci paling ringan dengan chip terbaru dari AMD dan Nvidia, layar 165Hz QHD 1440p, dan baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 6-8 jam.

2. Lenovo Legion 5 Pro

Sejak munculnya varian Legion dan Lenovo, dominasi ASUS ROG mulai terancam. Terlebih kini dengan munculnya Legion 5 Pro. Laptop berukuran 16 inci tersebut menawarkan prosesor dari AMD Ryzen 5000. Layarnya yang tinggi dan lebar cocok bagi kamu yang suka bekerja multi-tasking untuk kebutuhan sehari-hari.

3. MSI GE76 Raider

Produsen laptop yang sudah lama merilis laptop gaming ini memunculkan GE76 Raider yang punya sejumlah spesifikasi serius untuk kebutuhan bermain gim kamu. Dilengkapi dengan chip terbaru Nvidia, prosesor generasi ke-12 Intel, hingga layar QHD 1080p 360Hz. MSI membuat desain GE76 Raider begitu ‘gaming’ dengan banyaknya aksen RGB di bodi laptop.

4. HP Pavilion Gaming Laptop 15-Ec2047ax

Jika kamu mencari laptop gaming terbaik dengan harga terjangkau, HP Pavilion Gaming Laptop 15-Ec2047ax layak masuk dalam daftar incaranmu. Laptop dengan bentangan layar seluas 15,6 inci ini ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 5 5600H.

Layar tersebut mampu menampilkan grafis mulus dengan resolusi FHD 1920 x 1080 piksel dan refresh rate hingga 144 Hz. Selain itu, layar ini juga sudah dibekali teknologi Anti Glare dan tingkat kecerahan hingga 250 nits sehingga dijamin dapat menghadirkan pengalaman gaming memuaskan di mana pun.

5. Laptop: Alienware X17

Alienware tak bisa dilewatkan karena laptop satu ini menawarkan pengalaman bermain gim di layar 4K yang beresolusi 3840×2160, kibor RGB, dan performa yang tentu terbaik di kelasnya. Berdasarkan pengetesan yang dilakukan The Verge baterainya mampu bertahan hingga empat jam.

 

Itulah rekomendasi laptop gaming terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, ya !